Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KMP "Amadea"Ada Tiket Tambahan Di Keluhkan Penumpang,Boleh Atau Tidak..?

Minggu, 12 Juni 2022 | 17.00 WIB Last Updated 2022-07-08T09:33:56Z


Merak - sinarbanten.id-Pengguna jasa Kapal Motor Penumpang (KMP) Amadea mengeluhkan adanya tiket tambahan saat melakukan pelayaran lintasan bakauheni-merak padahal informasi bahwa saat naik bus sudah termaksud tiket penyebrangan kapal. 

Rudi penumpang bus lintas sumatera-jawa dengan keluarganya menyampaikan keluhannya kepada wartawan di salah satu rumah makan di daerah Akses jalan tol atas Cikuasa,Cilegon,menurutnya dia mengalami biaya tambahan yang tak terduga. 

"Saya dan istri dan anak naik kapal  "Amadea" saat di atas kapal saya menuju ruangan kelas ekonomi karna itulah hak saya selaku penumpang kapal", ujar Rudi dengan nada kesal. 

"Karna tidak ada tempat duduk lagi di ruangan kelas ekonomi,petugas menawarkan ruangan bisnis, yang mana kita harus mengeluarkan kocek lagi sebesar 15 ribu/tiket jika saya dan keluarga ada 5 orang sudah berapa saya keluarkan", imbuhnya. 

"Bagi saya ini sudah pemaksaan secara tidak langsung, pihak kapal harus disesuaikan jumlah kursi kelas ekonomi sesuai kapasitas kapal,kalaupun ada kelas bisnis tinggal pilihan, inikan karna tidak ada lagi tempat duduk makanya terpaksa ke ruangan bisnis", tutup Rudi sambil menunjukkan tiket kepada wartawan.

Dengan mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 62 Tahun 2019

Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan tentunya mengetahui isi  kursi kelas ekonomi disetiap kapal pelayaran lintasan Merak-Bakauheni apakah sesuai peruntukannya. 

Hal ini Dirjen Perhubungan Darat dalam pengawasan BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) dapat mengecek kapasitas kursi untuk kelas ekonomi sehingga pengguna jasa tidak dirugikan, dimana jika tidak sesuai jumlah kapasitas kursi diruang kelas ekonomi patut diduga ada pembiaran, sehingga menimbulkan kerugian pengguna jasa sebagai masyarakat. 

Dalam tiket tertulis "KMP Amadea" Merak -Bakauheni 002229 Tiket Tambahan Lesehan/VIP Dewasa Rp 15.000,berlaku sekali jalan,barang hilang atau rusak resiko penumpang. 

Kalau mengacu dengan nomor diduga sudah terjual 2229 tiket tambahan dikalikan 15 ribu maka jumlah sebanyak rp 33.435.000.(red)