Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ojat Sudrajat :NPL BANK BANTEN TURUN...DIDUGA KARENA HAPUS BUKU BUKAN DARI KINERJA.......

Jumat, 24 Juni 2022 | 17.40 WIB Last Updated 2022-07-08T17:38:23Z


Sinarbanten.id
Pengamat kebijakan publik Ojat sudrajat memperhatikan hiruk pikuk di Bank Banten mengatakan bahwa ,"

Terkait pernyataan dari  ekonom untirta dimana  khususnya membandingkan antara pendapataan fee based income dan pendapatan oprasional bank di triwulan 1 dg akhir thn 2021 tentunya tidak FAIR dan untuk itu perlu dikoreksi  dimana triwulan 1 baru berjalan 3 bulan sedangkan akhir thn berjalan selama 12 bulan. 

Bagaimanapun namanya perbandingan selalu dilakukan  tahun dg tahun.

Apalagi saran dr ekonom tsb harus dilakukan analisa scr konprehensif, mknya demikian pula dg informasi penurunan krd macet apakah karena hasil penagihan atau bukan.....


 Jika memang hasil penagihan tentunya penurunan kredit sebesar itu jg akan berdampak positif kpd pendapatan bank dan besar kemungkinan bank tdk akan merugi kembali di thn 2021.


 Padahal  kita tahu justru pendapatan bank di thn 2021 lebih rendah atau lbh kecil dibanding pendapatan bank di thn 2020.


Oleh karena harus konprehensif dan perlu dijelskan penurunan kredit  macet apkah karena HASIL PENCEGAHAN atau adanya KEPUTUSAN/DISKRESI MANAJEMEN BB berupa HAPUS BUKU.


Karena  secara praktek.. Perbankan memang diperbolehkan sepanjang memenuhi aturan..... yg penting bukan HAPUS TAGIH.... 


Akan tetapi jika penurunan kredit  macet tersebut disebabkan oleh HAPUS BUKU tentunya bukan suatu keberhasilan bagi manajemen...


Berdasarkan  informasi yang kami himpun penurunan KREDIT MACET di BB diduga lebih dikarenakan HAPUS BUKU di tahun 2021...dan nilainya  pun diduga RATUSAN MILYAR......artinya NPL (Rasio Kredit Macet) di Bank Banten TURUN bukan disebabkan TERTAGIHnya  Kredit macet....oleh Manajemen  atau dengan kata lain BUKAN dari HASIL KINERJA...melainkan karena KEPUTUSAN/DISKRESI untuk HAPUS BUKU.

Ojat menambahkan," Untuk itu....akan lebih FAIR jika Manajemen mengundang AKUNTAN PUBLIK dan OJK yang mengaudit  Laporan  Keuangan  BB 2021  untuk membuka dan menjelaskan masalah Laporan keuangan  BB 2021.(suryadi)