Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pensiunan Jenderal Polisi,Asyik Bertani.

Jumat, 10 Juni 2022 | 23.10 WIB Last Updated 2022-07-08T09:33:56Z







Sinarbanten.id. Komjen Pol (Purn.) Susno Duadji mantan kabareskrim  terbilang mengasyikkan. Purnawirawan polisi ini diketahui kerap berbagi momen saat dirinya sibuk menghabiskan waktu.

Mulai dari menikmati alam hingga panen ikan. Ada salah satu kegiatan yang baru saja dipamerkan Susno

Dilansir merdeka.com pensiunan bintang tiga polri ini telah menjadi seorang petani yaitu menjadi petani tomat. Susno tak segan untuk duduk lesehan sembari memetik serta menikmati tomat. Berikut ulasan selengkapnya.

Melalui akun Instagram resmi miliknya @susno_duadji, eks Kabareskrim Polri ini berbagi cerita. Salah satunya yakni melalui sebuah video berdurasi singkat.

Di dalamnya, Susno menceritakan kegiatannya saat menjadi petani tomat. Hal itu dilakukannya sembari duduk lesehan di atas tanah. Susno bahkan cukup mengenakan kaos sederhana berwarna oranye serta penutup kepala.

"Saya berada di kebun tomat. Saat menanam, tomat itu seharga Rp4 ribu sampai Rp5 ribu. Nah, sekarang harga lagi jatuh, sekarang harga sedang Rp8 ratus," ungkapnya.

Selain berbagi cerita soal dirinya yang kini jadi petani tomat, Susno turut menceritakan kondisi pasaran. Menurutnya, harga pasarannya yang tak menentu menjadi salah satu faktor penghambat meningkatnya kesejahteraan para petani tomat.

"Tomat: sulit prediksi harga saat panen, sehingga petani tomat lebih sering rugi daripada untung, apalagi tomat cepat sekali busuk, nasib petani tomat," tulisnya.

Hal itu pun turut dirasakan Susno. Ia mengalami nasib serupa lantaran harga yang anjlok saat panen tomat.

Kendati demikian, jebolan Akabri Kepolisian tahun 1977 ini mencetuskan solusi. Susno bakal memberi tomat yang telah siap panen tersebut kepada siapa saja secara gratis.

Syaratnya, mereka pun cukup bertandang ke kebun tomat miliknya secara langsung. Hal ini diungkapkan Susno sembari meminta doa agar harga tomat lekas membaik.

"Tapi ya daripada tomatnya tidak digunakan ya silakan, (ambil) gratis," ungkapnya.

"Mohon doa, semoga harga tomat lekas naik," tambahnya.


Petik & Makan Tomat Langsung


Usai membagikan pengalaman pahitnya kala panen tomat, Susno lantas kembali menikmati suasana.

Kala itu, ia bahkan tak segan untuk menyantap langsung satu buah tomat yang berada tepat di hadapannya. Sembari memetik, Susno menerangkan soal tomat miliknya yang dijamin bebas racun.

Sehingga, tomat-tomat tersebut begitu aman untuk seketika disantap. Usai menyantap satu buah tomat, ia langsung menunjukkannya ke hadapan kamera.

Sebenarnya, tomat ini bisa dimakan langsung, bisa juga untuk jadi jus tomat. Nah itu yang paling enak. Ini kita tak ada pestisida jadi bebas racun," terang Susno.


Warga membajiri  Dukungan


Aksi berbagi pengalaman dan cerita sang mantan petinggi Polri ini pun menuai banyak dukungan. Tak sedikit dari warganet yang turut memberikan semangat bagi Susno untuk terus berbagi ilmu dan pengalaman soal bertani.

"Mantap bapak, menginspirasi. Semoga juga bisa mengedukasi petani menjadi tangguh, modern, dan bisa bersaing," tulis akun @basuki_setyono

"Salam sehat semangat pak Susno. Bisa jadi inspirasi yang lain," tulis akun @sanjayaedi271

"Mantap Jenderal semoga makin sukses trus Aamiin YRA," tulis akun @_hairilgbr

"Gak jadi duit setidaknya jadi pahala. Inspiratif pak," tulis akun @famolarandy (red)