Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Tindakan Pungli Uji KIR Dishub Tangerang Terapkan Sistem Non Tunai

Kamis, 21 Juli 2022 | 17.54 WIB Last Updated 2022-07-21T10:54:09Z

 



Tangerang, Sinarbanten.id Mencegah Praktik pungutan liar (pungli) dalam pengurusan uji kendaraan bermotor (KIR) terus dicegah dan diberantas. Guna menutup ruang gerak adanya oknum tersebut, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang-Banten yang berdalih sistem  digital. (NON Tunai) 


Salah satunya dengan mengembangkan Sistem Informasi Pengawasan dan Pengendalian Uji KIR (Sipengukir). 

merupakan sistem pembayaran melalui 3 metode ia ni Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), Virtual Account adalah akum atau Rekening Bank yang dibuat secara virtual, dimana Umumnya berbentuk kombinasi angka unik, yang dapat digunakan untuk melakukan Indentifikasi Pembayaran (Virtual Account) dan Mandiri Host to host  payment adalah layanan pengiriman instruksi pemindahan dana atau pembayaran yang terintegrasi langsung dari sistem nasabah ke pihak Bank (Host To Host)

Dengan 3 sistem tersebut masyarakat untuk melakukan Uji Kendaraan Jauh lebih mudah dan efektif.


Saat ditemui wartawan Sinarbanten.id Kepala UPT PKB. ULIL Kami (21/07/2022) mengatakan "sistem pembayaran non tunai atau melalui yang pertaman QRIS, Virtual Account dan Host To Host, nah ini kami berlakukan sejak di tahun 2021 kemaren sampai saat ini masih bertahap Sosialisasi ke masyarakat yang hendak melakukan KIR dengan Bertujuan agar Di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang menimalisir praktek Pungutan Liar (Pungli) 



Lebih lanjut Ulil menegaskan kepada masyarakat kabupaten tangerang untuk pengurusan Uji Kendaraan Bermotor (KIR) lebih di urus dengan sendirinya yang mana pihak dishub sangat mempermudah sistem pembayaran maupun sistem pengujian Cepat dan Tepat (CT) dengan melalui Jasa Perorangan "harapan kami dari Dinas Perhubungan dengan sistem yang ada masyarakat bisa mempermudah untuk melakukan Uji Kendaraan Bermotornya. Karena kita setiap hari itu sebanyak 150 sampai dengan 200 Kendaraan yang ikut uji KIR itu kita menggunakan sistem Kuota supaya menghindari Kemacetan seperti dulu lagi"jelas Ulil


Menurut salah satu Masyarakat Pengemudi yang sedang melakukan Uji Kendaraan Bermotor, Rusman (58) Warga Sepatan, merasa senang dan mudah dengan sistem pembayaran Non Tunai yang di berlakukan oleh pihak Dinas Perhubungan (Dishub) "Alhamdulillah dengan cara baru ini pembayaran untuk Uji KIR sangat mudah dan Gampang. Pelayanannya juga sangat enak dan kita juga selalu di berikan pengarahan apa saja kendala yang ada di kendaraan kita sendiri" ungkap Rusman. (RuL)