Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Trekking Ke Gunung Munara, Sebuah Aktivitas Klub Matematika PMC

Minggu, 10 Juli 2022 | 18.16 WIB Last Updated 2022-07-10T11:16:23Z

Sinarbanten.id

Tangerang Selatan - Sampai saat ini pelajaran MATEMATIKA masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Pelajaran itu dianggap terlalu susah, tidak berguna dan hanya bikin pusing kepala saja. Padahal sesungguhnya; matematika adalah rajanya ilmu pengetahuan (mathematics is the king of science). Kemajuan suatu negara banyak ditentukan oleh perkembangan matematika di negara itu. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Dengan demikian, matematika adalah pelajaran yang sangat-sangat penting.

Ahmad Fauzi –  seorang guru matematika di salah satu SMA di Tangerang Selatan sejak tahun 2006 mencoba mencari kiat-kiat dan trik-trik tertentu agar para siswa tidak terlalu ”anti” dengan matematika. Mencoba meyakinkan siswa bahwa walaupun susah, matematika ternyata juga mengasyikkan. Mathematics is fun ! Salah satu yang telah dilakukannya adalah membentuk ekstra kurikuler  KLUB MATEMATIKA pada tahun 2012 yang diberinama PMC. Kepanjangan dari PMC adalah Penggemar Matematika Club, dan mempunyai beberapa arti lain seperti : Pembelajaran Melalui Contoh, Plus Minus Caranya, Pintar Makin Cepat, Perkumpulan Murid Cerdas, Pelajar Muda Ceria, dan Papa Mama Cinta. Pada tahun 2022 ini sudah tujuh sekolah yang telah ada ekskul Klub Matematika PMCnya yang tersebar di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan hingga ke Lampung. Dan pada awal tahun pelajaran 2022/2023 ini, insya Allah akan ada tiga dahan baru PMC yakni di SMP Negeri 2 Pakuhaji, SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan dan SMA Negeri 9 Depok.

Anggota Klub Matematika PMC dibagi menjadi empat kelompok yang di PMC istilah “kelompok” diganti dengan sebutan “kerajaan” atau kingdom. Nama-nama kerajaan tersebut adalah HEART, DIAMOND, CLOVER dan SPADE. Masing-masing kerajaan akan bersaing untuk menjadi yang terbaik (Best Of The Best Kingdom) setiap tahunnya. Anggota kerajaan yang menjadi Best Of The Best Kingdom (BOTBK) akan diberikan hadiah berupa uang tunai untuk setiap anggotanya. Kriteria penentuan BOTBK didasarkan atas perolehan jumlah tali prestasinya selama satu tahun, dikalikan dengan jumlah bintang prestasi setiap anggota kerajaan yang bersangkutan. Seru juga ya? Hihihihihi.

Pada tanggal 2-3 Juli 2022 yang baru lalu, PMC mengadakan acara rutin tahunan bertajuk Penutupan Tahun Aktifitas atau disingkat PTA. Kegiatan PTA ini utamanya adalah penghitungan dan penentuan kerajaan mana yang meraih BOTBK pada setiap dahannya. Ohiya, di PMC istilah “cabang” diganti menjadi “dahan” yaa.

“Biar beda aja dengan istilah selama ini” begitu penjelasan dari Ahmad Fauzi atau biasa disapa dengan PaPaw menanggapi kenapa banyak istilah di PMC yang jarang dipakai orang.

PTA PMC kali ini adalah penyelenggaraan ke-10 sejak kali pertama diadakan tahun 2013. Selain penentuan kerajaan terbaik, pada acara PTA juga diadakan games matematika, outbound team building ataupun kegiatan lain yang disesuaikan dengan tempat tujuannya. Misalnya pada PTA #10/2022 mengambil tempat di Gunung Munara, Rumpin, Bogor dan diadakan kegiatan tambahan berupa trekking ke puncak gunung Munara dan mengunjungi situs-situs bersejarah peninggalan Syaikh Maulana Syarif Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati). PTA #10/2022 ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari guru dan siswa dari SMA PGRI 22 Serpong, SMAN 11 Kabupaten Tangerang, SMAN 25 Kabupaten Tangerang, SMKN 3 Kota Tangerang Selatan, SMAN 9 Kota Tangerang Selatan dan beberapa sekolah lagi. PTA #10/2022 yang baru saja selesai ini sempat dibuka kegiatannya oleh kepala SMA PGRI 22 Serpong, Bapak Eno Sumarna, M.Pd. Dalam sambutannya Pak Eno berpesan bahwa inilah kesempatan untuk menambah teman dari sekolah lain, berkolaborasi dan bekerja sama, hilangkan sekat-sekat dan anggapan bahwa teman hanyalah yang berasal dari satu sekolah yang sama.

“Kegiatan PTA PMC suatu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, kegiatan ini sangat luar biasa, membuat anggotanya bertambah pengalaman baru, mengenal alam dan juga menjadikan anggotanya semakin kolaboratif, disini tidak diterapkan senior dan yunior, mereka berbaur saling tolong dan saling mengingatkan, itulah serunya PMC, mau di dalam ataupun diluar kegiatannya tetap menyenangkan, Semangat PMC semoga tambah sukses” demikian kesan yang disampaikan Bu Helianti, M.Pd guru SMKN 3 Kota Tangerang Selatan yang juga ikut membimbing siswanya pada acara PTA #10/2022 yang baru lalu itu.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan PTA PMC ini, kedepan akan semakin banyak siswa yang menyukai pelajaran matematika yang pada gilirannya akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia.***