Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nakes di Baduy Diusulkan Dapatkan Reward

Selasa, 30 Agustus 2022 | 13.02 WIB Last Updated 2022-08-30T06:02:50Z


Sinarbanten.id

Lebak - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triatno Supiyono mengaku akan mengusulkan  pemberian penghargaan (reward -red) bagi tenaga kerja kesehatan Puskesmas Cisimeut yang bertugas di Baduy. Usulan itu akan ia sampaikan kepada Bupati Lebak, setelah melihat perjuangan tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugasnya memberikan imunisasi kepada anak anak di pedalaman Baduy.


Saat ini, lanjut Triatno, sembilan tenaga kesehatan di pedalaman suku Baduy sedang intens melakukan imunisasi kepada anak anak di Baduy dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Namun, pada pelaksanaanya, tenaga kesehatan merasa kerepotan, lantaran kondisi di Baduy dirasa cukup berat, mengingat, selain karena jarak antar kampung berjauhan dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan, warga Baduy juga tidak ada dirumahnya pada siang hari.


“Tenaga kesehatan merasa kerepotan melakukan imunisasi di pedalaman suku baduy, karena selain jarak antar kampung berjauhan. Warga di sana juga jarang ada di rumah ketika siang hari, maka, untuk memberikan imunisasi dilakukan malam hari,”kata Triatno Supiyono kepada wartawan, Selasa (30/08/2022).  


Akan tetapi, meski demikian, medan yang berat tidak menjadi halangan bagi para tenaga kesehatan. Karena, tugas yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik, meski hasilnya belum maksimal, mengingat dari target 157 anak yang di imunisasi, saat ini baru tercapai sekitar 17 balita.


Agar target pemberian imunisasi terpenuhi, tenaga kesehatan pun terpaksa bekerja lebih ekstra, dengan cara mendatangi warga di malam hari. Maka dari itu kata Kepala dinas, jika target imunisasi di Baduy tercapai, maka ia akan mengusulkan kepada Bupati agar tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Cisimeut diberikan penghargaan.


“Jika target imunisasi anak anak di pedalaman Baduy terpenuhi, maka saya akan usulkan pemberian penghargaan kepada ibu Bupati. Karena, tugas mereka tidak mudah, mengingat jarak dan kondisi di Baduy sangat ekstrim, dan tidak bisa dilalui kendaraan, jadi tenaga kesehatan harus berjalan kaki berpuluh puluh kilo meter,” tutur Triatno


Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Lebak, Budi Santoso mengatakan, usulan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan yang melaksanakan tugasnya di Baduy harus dibahas lebih lanjut, karena berkaitan dengan anggaran. Namun, pihaknya mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama pemberian imunisasi kepada balita di Baduy.


“Kita berikan apresiasi kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Cisimeut yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun, untuk usulan pemberian penghargaan tersebut harus dirumuskan lagi, karena berkaitan dengan anggaran,” kata Budi. (Jat)