Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Heboh Video Biksu di Usir di Desa Babat, Itu Video lama dan Hoax !!!

Rabu, 26 Oktober 2022 | 20.46 WIB Last Updated 2022-10-26T13:46:57Z


Sinarbanten.id

Kab.Tangerang - Menanggapi viral nya tayangan video di media sosial TIKTOK terkait pengusiran Biksu di Desa Babat Kabupaten Tangerang kenyataan nya itu adalah Video lama sekitar 2018 lalu yang kemudian di UP kembali oleh orang tak bertanggung jawab.


Video yang berisi tindakan pengusiran oleh salah satu Ormas Islam terhadap salah satu tokoh agama tertentu di Desa Babat Kecamatan Legok Kab. Tangerang Banten pada Minggu (4/2/18)lalu menunjukan adanya upaya dari pihak-pihak tertentu yang menginginkan kegaduhan dengan merusak nilai-nilai toleransi, demikian seperti di lansir dari web Kodamjaya-tniad.mil.id


Adaoun yang terjadi sebenarnya hanyalah kesalahpahaman dan sudah diselesaikan secara damai dalam pertemuan pada Rabu (7/2/18) lalu, yang dihadiri seluruh instansi terkait seperti dari Polsek, Koramil, Kecamatan, Kelurahan, MUI, para tokoh berbagai agama termasuk pihak yang berselisih paham.


Dan tidak benar terjadi pengusiran karena tokoh agama (Biksu) tetap berada dan tinggal di rumahnya seperti biasa. Kecurigaan warga terhadap rumah Biksu yang diduga dijadikan sebagai tempat ibadah dan adanya upaya tersembunyi untuk menyebarkan agama Budha adalah tidak benar alias berita bohong.


Adanya tamu yang datang ke rumah Biksu hanyalah dalam rangka kegiatan silaturahmi biasa saja seperti makan dan minum dan meminta doa dari Biksu.


Danrem 052/Wkr, Kol inf Iwan Setiawan, saat itu menyatakan video provokasi tersebut muncul setelah adanya kesepakatan damai diantara kedua pihak yang berselisih paham dan tidak perlu diramaikan lagi, sebab faktanya di Desa Babat tersebut tidak terjadi pengusiran terhadap Biksu dan Beliau tetap tinggal damai bersama warga lainnya. “Saya kenyataannya masih bisa dan diterima tinggal di Desa Babat, masyarakat Budha jangan terprovokasi dengan Video tersebut,” jelas sdr Mulyanto Nurhalim.


Sementara itu H.Sukron Ma’amun, Kepala Desa Babat kala itu menjamin keselamatan sdr Mulyanto Nurhalim untuk tinggal di Desa Babat. “Video itu hanya membikin resah karena kita hanya salah paham, dan semua sudah diselesaikan dengan baik,” tegasnya.


Aparat TNI dan Polri terus memantau situasi di Desa Babat dan keadaan aman kondusif hingga saat ini.***