Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Digelar 10 Sampai 21 November 2022,Festival Ciujung Warnai Hari Jadi Kabupaten Lebak

Selasa, 08 November 2022 | 19.57 WIB Last Updated 2022-11-08T12:57:26Z


Sinarbanten.id

Rangkaian pesta rakyat dalam rangka  untuk menyambut hari jadi Kabupaten Lebak, Banten, akan dirayakan dalam usia yang ke - 194 tahun.


Pesta rakyat yang akan di selenggarakan dalam berbagai bentuk dan acaranya terus bergulir, mulai dari Festival Seni Multatuli, sampai dengan Festival Ciujung.


Hari jadi Kabupaten Lebak yang jatuh pada 2 Desember tiap tahunnya, selalu memberikan suatu warna tersendiri dan acara yang berbeda dalam perayaan di setiap tahunnya.


Beragam kegiatan serta festival kearifan lokal pun kerap di laksanakan dalam acara nanti, seperti halnya Festival yang akan di gelar 10-21 November 2022 ini.


Festival Ciujung memberikan suasana warna baru bagaimana setiap unsur masyarakat supaya bisa meningkatkan potensi wisata lokal dengan beragam daya tarik  dan keunikannya.


"Selaku ketua Pokdarwis Ciujung Hadi Muntoha mengungkapkan," sungai ciujung yang semakin hari semakin memprihatinkan butuh perhatian bersama baik dari pemerintah, stakeholder dan masyarakat lainnya.


"Agar air dan tanah dapat di selamatkan untuk kehidupan selanjutnya," kata Hadi kepada awak media, Minggu,(6/11/2022)



Hadi menjelaskan festival Ciujung menjadi acara yang melegenda di Kabupaten Lebak, Banten.


"Diberi nama festival Ciujung, karena beberapa sungai di Lebak yaitu sungai; Cisimeut, Cilaki, Ciberang dan beberapa sungai lainnya bermuara di Ciujung, serta untuk mengedukasi warga untuk lebih peduli dengan Ciujung," tambahnya


Lanjut Hadi,"  bragam perlombaan pun akan di gelar, mulai dari lomba stand up comedy, pencak silat, pantomim, karnaval  getek yang terbuat dari bambu,lomba mewarnai,pameran Poto dan lain- lain.


Termasuk dayung ciujung, ngariung ngomongkeun ciujung bersama BBWS C3, bazzar, hiburan rakyat serta berbagai hiburan lainnya.


Karnaval getek wisata start dari Lebak Picung dan finish di jembatan bypass, melewati beberapa perkampungan yang ada di deretan sungai Ciujung, kp. Muhara," tutupnya.(Ks)