Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejumlah Kebutuhan Pokok Naik Harga Menjelang Perayaan Nataru

Kamis, 08 Desember 2022 | 22.36 WIB Last Updated 2022-12-08T15:36:13Z


Sinarbanten.id

Kabupaten Tangerang-Sejumlah komoditi di pasar, terutamanya kebutuhan pokok di wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami kenaikan harga.


Kenaikan harga pada beberapa kebutuhan pokok ini, terjadi menjelang perayaan Natal dan baru 2023.


Diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat, kenaikan yang mencolok pada bahan pokok menjelang Nataru diantaranya Telur, Daging Sapi, Cabe Rawit dan Daging Ayam.


Dimana kenaikan cabe rawit hijau dan metah sendiri dari harga Rp30.000 menjadi pada kisaran Rp45.000 hingga Rp50.000 per kilogram. 


"Daging ayam juga mengalami kenaikan dari Rp60.000 menjadi Rp70.000 Kg. Namun dengan ada kenaikan ini kita masih menjamin untuk ketersediaan kebutuhan itu," ungkapnya.


Nordat menerangkan, terjadinya kenaikan terhadap beberapa bahan pokok tersebut, kemungkinan besar dipengaruhi karena jumlah permintaan komoditi yang meningkat.


Sementara menjelang perayaan Nataru sendiri, Nordat mengatakan, bahwa ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Tangerang masih terkendali.


"Kalau untuk ketersediaan stok bahan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula dan lainnya sesuai stok yang ada di Bulog kita pastikan mencukupi dan aman menjelang akhir tahun ini," katanya.


Pihaknya juga menegaskan, monitoring akan terus dilakukan pada harga-harga bahan pokok di seluruh pasar tradisional Kabupaten Tangerang, dalam upaya pengendalian lonjakan.


"Upaya menekan inflasi daerah dengan membuka bazar murah. Selain itu kita juga akan melakukan kegiatan monitoring terkait pengecekan ketersediaan bahan pokok dan mencegah adanya menjual bahan pokok di atas HET," ungkapnya. (Adt)