Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga, Distapang Gencar Galakan P2L

Senin, 30 Januari 2023 | 14.56 WIB Last Updated 2023-01-30T07:56:52Z


Sinarbanten.id

PANDEGLANG- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pandeglang perkuat  ketahanan pangan di wilayah Pandeglang dengan melalui gerakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) agar dapat menjaga stabilitas produksi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.


Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Distribusi Ketahanan Pangan Distapang Kabuapten Pandeglang, Sopia mengatakan, dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan pihaknya telah melakukan sosialisasi terhadap warga untuk melakukan gerakan P2L.


"Untuk itu, kita perbaiki sarana infrastruktur,  perbaiki kestabilan harga pasar, terus mengupayakan gerakan penanaman di sekitar rumah pengembangan Pekarangan Pangan Lestari (P2L)," kata Sopia, Senin (30/1/2023).


Ia melanjutkan, masyarakat sendiri dengan memanfaatkan lahan di sekitar pekarangan rumah ini bisa menjaga kestabilan ketahanan pangan di Kabupaten Pandeglang.


"Yah menggunakan lahan yang ada di sekitar rumah seperti menanam bibit sayuran dan sayuran lainnya jadi istilahnya makan dengan hasil tanaman sendiri," ujarnya.


Untuk itu, kata dia, dengan melakukan gerakan pengembangan Pekarangan Pangan Lestari, selain dimanfaatkan sendiri nanti hasilnya sayuran bisa dijual ke pasar.


"Yah hasil yang ditanam bisa dijual ke pasar, yah istilahnya bisa mencukupi diri sendiri lah sebelum ke orang lain, kawasan Pandeglang kan dikenal banyak sayuran seperti Gunung Karang, Menes, Jiput kita tanaman lokal Pandeglang," tuturnya.


Pihaknya berharap dengan melakukan memanfaatkan lahan yang ada dalam menjaga kestabilan pangan bisa dikembangkan oleh masyarakat sehingga bisa mengurangi biaya yang lebih tinggi. 


"Kalau ini sudah digalakan masyarakat, bisa mengurangi resiko terutama dalam memenuhi sayur mayur untuk keluarganya," ujarnya.(Iman)