Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelesiran atau piknik untuk mandi di laut menjelang bulan puasa, bagi sebagian besar masyarakat Cilegon

Minggu, 12 Maret 2023 | 17.25 WIB Last Updated 2023-03-12T10:25:17Z


Sinarbanten.id

CILEGON— Beberapa pekan menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, ratusan warga Link. Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon menggelar Family Gatering ke Objek Wisata Karang Meong, Sirih Anyer, Minggu (12/3/2023).


Pelesiran atau piknik untuk mandi di laut menjelang bulan puasa, bagi sebagian besar masyarakat Cilegon sudah menjadi tradisi, yang biasanya disebut dengan tradisi munggahan atau keramasan yang sudah turun menurun dari leluhur.


Menurut Ketua Pemuda Priuk (Peper), Arif Setiadi tradisi mengajak warga menjalankan tradisi munggahan puasa di pantai ini, sudah menjadi program rutin tahunan. Hal ini selain untuk mejaga tradisi juga untuk menjalin silaturahmi dan menjaga kekompakan warga. 


"Alhamdulillah ini sudah menjadi program warga Priuk yang kita Peper selenggarakan setiap tahun untuk melestarikan tradisi munggahan dengan kramasan mandi di laut," ujarnya, saat ditemui di sela acara. 


Arif juga menjelaskan dalam program ini dilaksanakan secara swadaya, dan mendapat support dari pemerintah setempat. Di mana Peper sebagai panitia penyelenggara menanggung biaya masuk pantai dan makan minum, bahkan  hiburan organ tunggal.


"Kita sudah koordinasi sama Pak RT, Pak RW yang ikut hadir, Pak Lurah dan Pak Camat dalam acara ini, dan menyatakan mendukung sepenuhnya kegiatan positif masyarakat yang digagas kepemudaan ini," jelasnya.


"Kaos seragam saja 230, semua yang ikut ada sekitar 300 orang mah. Warga Priuk alhamdulilah antusias dan tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, bahkan ada dari warga Link.  Kranggot juga ikut, "imbuh Arif. 


Ketua RW 03 Link. Priuk, Badarudin mengaku sangat mendukung kegiatan kepemudaan yang mampu menggelar acara yang bisa mempererat silaturahmi dan menjaga kekompakan antar warga. 


"Sepenuhnya kita mendukung acara kepemudaan family gathering ini, karena ini bagus sekali untuk lingkungan kita bisa berkumpul bersama menjelang bulan puasa. Dan program di bulan puasa juga di lingkungan kita masih berjalan seperti tadarus dan nuzulul Qur'an. Semoga tahun berikutnya juga masih terus dijalankan agenda ini," tuturnya.


Ditemui di tempat yang sama, Camat Jombang Burhanudin yang hadir langsung di lokasi acara untuk mensupport program kepemudaan Link. Priuk, memberikan apresiasi kegiatan positif tersebut.


"Melihat kekompakannya ini luar biasa, organisasi kepemudaan bisa mengakomodir Ibu-ibu dan bapak-bapak tua muda semua berkumpul bisa guyub begini.  Apalagi tadi ada pembagian doorprize yang sangat meriah dan sangat menghibur warga," ujarnya. 


"Ini patut diapresiasi, karena jarang kita lihat kegiatan di lingkungan bisa sekompak dan seguyub ini. Saya harap di lingkungan lain khususnya di Kecamatan Jombang bisa meniru acara seperti kepemudaan Link. Priuk atau Peper ini," sambungnya. 


Selain itu, Burhanudin juga berpesan kepada masyarakat Jombang menjelang dan selama Bulan Suci Ramadhan untuk bisa menjaga ketertiban dan kondusifitas di lingkungan masing-masing. 


"Ayo kita sambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah ini dengan rasa syukur bisa dipertemukan di bulan yang dimuliakan Allah, dan ayo kita menjaga kondusifitas agar masyarakat bisa khusuk dalam menjalankan ibadah puasa," pesannya. (*red)