Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKM 55, 56, 57 dari UNIBA melakukan Kegiatan Sosialisasi Hukum dan Kesehatan.

Rabu, 16 Agustus 2023 | 17.40 WIB Last Updated 2023-08-16T10:40:34Z


Sinarbanten.id

Mahasiswa dari Universitas Bina Bangsa  Kelompok 55, 56, dan 57 bergabung untuk mengordinasikan acara penjangkauan di SMA Negeri 1 Waringinkurung. Acara bertema  “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dalam Bingkai Hukum dan Kesehatan” kegiqtan ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran di kalangan pemuda Waringinkurung tentang bahaya akibat penyalahgunaan narkoba,sasaran dan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang efek penyalahgunaan narkoba kepada generasi muda.


Dalam acara ini di hadiri dari siswa/i SMA Negeri 1 Waringinkurung KKM Uniba di Kecamatan Waringinkurung, beserta guru, pengawas lapangan dari masing-masing kelompok, bidan, kepala sekolah, dan guru BK dengan riang mengikuti acara sosialisasi ini.adaoun Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari Program Kerja Mahasiswa Universitas Bina Bangsa, yang bertujuan untuk membantu mencegah isu-isu yang dihadapi generasi muda.


Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana M.Ii Setiadi menekankan pentingnya dampak buruk dari kecanduan narkoba di kalangan anak muda. Ia juga mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyebarkan informasi tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba ini sehingga khalayak yang lebih luas dapat memperoleh manfaat dari kesadaran ini.


Listiawati, ST., MM., Koordinator KKM Kecamatan Waringinkurung menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara sosialisasi ini. Hal ini dikarenakan maraknya kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan anak muda Indonesia, sehingga upaya tersebut semakin diperlukan.


Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Waringinkurung, Bapak Nurdiana Salam, S.Pd., M.Pd mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKM Universitas Bina Bangsa yang telah mengadakan acara sosialisasi. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengedukasi generasi muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Selain itu, ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin untuk lebih meningkatkan kesadaran di kalangan generasi muda.


Acara sosialisasi ini diprakarsai oleh M. Nassir Agustiawan, S.H.I, M.H., Dosen, Praktisi Hukum, Advokat, dan Ketua Program Studi Ilmu Hukum Universitas Bina Bangsa. Materi presentasi pertama adalah Bahaya Narkoba, dan Agustiawan memaparkan bukti-bukti faktual yang menyoroti dampak buruk penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda lintas generasi. Dia juga memberikan contoh kasus kehidupan nyata yang menunjukkan konsekuensi berbahaya dari penggunaan narkoba pada kaum muda.

Dalam kuliahnya, pakar berikutnya, Defi Selvianita S.Gz., M.K.M, dosen Fakultas Kesehatan Universitas Bina Bangsa mengangkat topik Bahaya Penggunaan Narkoba. Dia membahas berbagai cara di mana penggunaan narkoba dapat berdampak negatif baik pada jiwa dan lingkungan sosial seseorang, serta kerusakan fisik yang dapat ditimbulkannya pada organ dalam. Selain itu, ia membagikan data yang menunjukkan peningkatan penyalahgunaan narkoba terkait kasus narkotika setiap tahunnya. Dan narasumber terakhir berprofesi sebagai Bidan Dari Puskesmas Waringinkurung yang sedang mengadakan kegiatan Abdi Masyarakat Yakni Novrita Tri Yulvia, M.Keb. Ia dan tim puskesmas menyampaikan Peran Penting Remaja yang bisa mencegah terjadinya stunting dimasa yang akan datang.

Setelah semua pemateri selesai menyampaikan materi, kami mengadakan sesi tanya jawab. Siswa/Siswi Peserta Sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai apreasiasi terhadap peserta yang membuat perjatanyaan. Panitia memberikan Sebuah Doorprize.

Acara berakhir pada pukul 12.30 dan dilanjutkan dengan sesi foto.

Dengan diadakannya sosialisasi kelompok kkm 55,56,57 Uniba berharap ini dapat membuka pengetahuan para siswa terkait bahaya NAPZA, dan cara mencegahnga. Serta mengerti pentingnya peran para remaja dalam mencegah stunting dimasa yang akan datang.

Penulis Mahasiswa KKM UNIBA