Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKM Kelompok 49 Universitas Bina Bangsa Menggelar Sosialisasi Pinjaman Online yang Bijak serta Edukasi Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

Jumat, 04 Agustus 2023 | 16.39 WIB Last Updated 2023-08-04T09:39:47Z



SINARBANTEN.ID - Pinjaman online (Pinjol) adalah fasilitas pinjaman uang oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara daring. Karena sistemnya yang virtual, pinjaman online tidak membutuhkan jaminan atau agunan. Pinjaman online termasuk sebuah inovasi di bidang teknologi keuangan yang memudahkan masyarakat dalam meminjam uang.


Seiring perkembangannya, aplikasi pinjaman online semakin banyak bermunculan disebabkan peminat dari masyarakat yang cukup tinggi. Munculnya banyak aplikasi tersebut, maka mahasiswa yang tergabung dalam KKM Kelompok 49 Universitas Bina Bangsa menggelar sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat yang ada di desa Gunungsari dengan mengundang ibu-ibu PKK dan kader Posyandu. 


Acara yang digelar di Aula Kelurahan Gunungsari pada Hari Kamis, 3 Agustus 2023 ini dihadiri oleh Kepala Desa Gunungsari Bapak Maemun dan juga masyarakat Gunungsari. Selain itu acara tersebut juga menghadirkan pemateri Dr. Sutisna, SE, ME selaku Dosen Pascasarjana dari Universitas Bina Bangsa. 



Ketua Pelaksana Sosialisasi Literasi Pinjaman Onlnine di Desa Gunungsari, Alfina dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pinjaman online yang bijak serta edukasi terhadap peserta dalam menumbuhkan minat berwirausaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga sebagai salah satu upaya pencegahan menekan angka kasus stunting.


Kepala Desa Gunungsari Bapak Maemun menyambut baik atas acara yang diadakan oleh Mahasiswa KKM yang ada di wilayahnya. Bahkan beliau sangat antusias juga mengikuti acara tersebut sampai acara berakhir.


Dalam materi yang disampaikan oleh Dr. Sutisna, S.E., M.E, beliau berpesan kepada para peserta yang mengikuti Sosialisasi agar jangan tergoda akan pinjaman online ini, dan jika terpakasa melakukan pinjaman online harus bersikap bijak. Selain itu, beliau pun menyampaikan agar uang dari pinjaman online tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif, misalnya digunakan untuk modal usaha.


Selain materi tentang pinjaman online, dalam sosialisasi tersebut juga disampaikan materi tentang Edukasi Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga guna Menurunkan Kasus Stunting yang dibawakan oleh Ibu Nani Rohaeni, S.E., M.M., M.Ak, beliau merupakan Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Bina Bangsa sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan KKM Kelompok 49 Kelurahan Gunungsari. 


Dalam materinya, ibu Nani Rohaeni, S.E., M.M., M,Ak menganjurkan kepada peserta yang sebagian besar ibu rumah tangga harus mau membantu perekonomian keluarga salah satu caranya dengan  berwirausaha.  Dalam kesempatan tersebut sebagai inspirasi untuk para peserta, diadakan pemutaran video cara pembuatan pisang linting manis untuk bekal peserta dalam mengawali usahanya. Harapan kedepannya adalah ekonomi keluarga dapat  meningkat kebutuhan gizi keluarga terpenuhi  sehingga kasus stunting tidak ditemukan lagi di Desa Gunungsari.


Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dengan narasumber, panitia dan peserta.

Penulis : Tomi Bustomi (Mahasiswa KKM kelompok 49 Universitas Bina Bangsa)