Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Pemahaman Santri, Ponpes Salsabila Putri Gelar Seminar Kebangsaan

Jumat, 17 Mei 2024 | 20.52 WIB Last Updated 2024-05-17T13:52:20Z

 



Serang,Ponpes Putri Salsabila, Kota Serang menjadi tuan rumah kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten dan Kemenag Kota Serang. 


 Dalam kegiatan tersebut mengangkat tema ‘JADILAH BAGIAN PEMERSATU BANGSA, BERSAMA KITA WUJUDKAN INDONESIA EMAS 2024’, yang di selenggarakn di mesjid lingkungan Ponpes Salsabila, Jl. Jagarayu, Kel. Dalung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (16/5/2024).


Dalam Kegiatan ini turut dihadiri beberapa tokoh penting, diantrranya KH Dr. H Encep Saripuddin, S, Pdi (Kepala Kemenag Kota Serang), KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten), KH. DR. Hasanudin (Pengawas Madrasah Aliah Kemenag Kota Serang), Ust. Madsuni, Lc (Mudir Ponpes Salsabila), Tenaga pengajar Ma’had Al Abqary, juga para santriwati Ponpes Salsabila  sebanyak 45 orang selaku audiens.


Pimpinan Ponpes Salsabila dan Perwakilan Kemenag Provinsi Banten menyampaikan sambutan-sambutan awal yang memberikan apresiasi atas kegiatan ini.


Dalam smbutannya Ustdz Madsuni Lc,selaku Pimpinan Ponpes Salsabila, menyampaikan materi pertama, “ pentingnya wawasan kebangsaan dalam lingkungan pondok pesantren. 


Dengan tegas dirinya berpesan kepada seluruh santri agar senanatiasa mengikuti jalannya kegiatan dengan Fokus dan serius agar mendapatkan manfaat dari kegiatan seminar yang sedang dilaksanakan”. ujarnya.


Dalam kesempatannya, Kepala Kanwil Kemenag Serang kota KH Dr. Encep Saripuddin, S, Pdi, menuturkan “Betapa pentingnya peran pondok pesantren dalam mendidik generasi muda.Ucapnya.


Dirinya menyoroti mengeni pentingnya pemahaman akan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta menekankan bahwa Negara ini menjamin kebebasan beragama,” Tuturnya.


Sementara KH Faturrahman, S.Ag (Kabid Ideologi & Wasbang Kesbangpol Provinsi Banten menggaris bawahi, “Pentingnya Nilai-nilai Islam Wasathy yang diajarkan di pondok pesantren dalam menyebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin.


 Dirinya menegaskan bahwa pendidikan di pondok pesantren mencakup ilmu agama dan ilmu umum seperti Bahasa Inggris dan cinta terhadap bangsa,” jelasnya.


Menurutnya, “Selain ilmu agama, kita juga harus tetap mengetahui sejarah bangsa agar nasionalisme kita tetap terjaga.Ungkapnya.


Terus Dorong semangat kita untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dan mari kita semua menjadi bagian dari pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045” tegasnya.


Dijelaskan, Seminar wawasan kebangsaan tersebut,  bertujuan untuk membentengi santriwati di wilayah Kota Serang dari bahaya faham intoleransi dan radikalisme.


 Kegiatan ini juga akan dilakukan Kemenag Kota Serang secara periodik dan berkelanjutan untuk  memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para santri/santriwati dalam mempersiapkan diri sebagai generasi muda yang penuh dengan wawasan kebangsaan tentang peran mereka dalam menjaga persatuan dan keamanan NKRI.(**)