Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MENGGALI POTENSI DESA: KELOMPOK 27 KKM UNIBA KUNJUNGI BUDI DAYA IKAN LELE

Jumat, 26 Juli 2024 | 23.12 WIB Last Updated 2024-07-26T16:12:41Z

 




Kramatjati-sinarbanten.id-Mahasiswa Kelompok 27 KKM UNIBA Kamis 25 Juli 2024, berkunjung ke salah satu usaha budidaya ikan yang ada di Desa Kramatjati tepatnya di Kp. Cigatel Timur RT/RW 06/03 Desa Kramatjati, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus menggali potensi yang ada di Desa Kramatjati. 


Para mahasiswa melakukan pengamatan kegiatan budidaya ikan lele secara langsung dan berinteraksi dengan pemilik usaha.


Mukhlisin selaku pemilik budidaya ikan Lele,menerangkan bahwa dirinya memulai usaha budidaya ikan lele dengan kolam kecil di pinggir rumahnya." lambat laun dengan dedikasi dan pengetahuan yang terus diperdalam, ia berhasil membangun budidaya yang kini mampu memasok ikan lele berkualitas ke pasar lokal, sekaligus menjadikan usahanya sebagai  salah satu usaha warga yang cukup potensial.



"Kami senang bisa berbagi informasi dan pengalaman dengan kalian." Kami berharap kunjungan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang usaha budidaya ikan lele," ujar Mukhlisin.


Mahasiswa KKM UNIBA kelompok 27 pun diajak untuk berkeliling sekitar area budidaya,untuk  melihat secara langsung bagaimana ikan lele dibudidayakan,dimulai tahap pembibitan hingga panen. 


Selama kunjungan mahasiswa juga berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pemilik budidaya, mendengar tentang tantangan sehari-hari dalam menjaga kualitas air kolam, menghadapi perubahan cuaca, hingga strategi pemasaran produk mereka.


"Terima kasih telah memberi kesempatan kepada kami mahasiswa KKM kelompok 27 UNIBA untuk belajar secara langsung tentang operasional budidaya ikan lele.  Pengalaman ini benar-benar berharga menambah wawasan dan pemahaman kami tentang dunia pertanian perikanan," ujar Imel salah satu mahasiswa yang datang ke lokasi.


Setelah kunjungan berakhir, banyak pelajaran yang dapat diambil. Mulai dari proses budidaya ikan lele secara praktis, juga menyaksikan sendiri semangat dan dedikasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan budidaya di sektor peternakan ikan lele di Desa Kramatjati.

(NR & Imel Mahasiswa KKM)