Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MAHASISWA KKM UNIBA KELOMPOK 27 MEMPRAKARSAI PENYALURAN BENIH IKAN DARI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BALAI BUDIDAYA AIR TAWAR PROVINSI BANTEN

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 14.50 WIB Last Updated 2024-08-10T07:50:22Z

 


Kramatjati-sinarbanten. Id–Mahasiswa KKM UNIBA Kelompok 27 Kramatjati menyalurkan sejumlah benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten kepada petani ikan di Desa Kramatjati Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten adalah lembaga pemerintah daerah yang bertanggung jawab dalam mengelola dan memajukan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Banten. 

Penyerahan benih ikan dari mahasiswa KKM kepada Mukhlisin salah seorang petani didampingi Irwan Bendahara Desa Kramatjati. Mukhlisin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKM yang telah memprakarsai penyediaan benih. “Terima kasih kepada adek-adek mahasiswa semoga dengan penyaluran benih ikan ini dapat membantu perekonomian saya dan masyarakat Desa Kramatjati” ujarnya. 

Benih ikan yang disalurkan melalui mahasiswa Kelompok 27 berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang berada di Kampung Cipeucang Desa Curugbarang Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang. M. Cahyadi, selaku Koordinator TU Dinas Kelautan dan Perikanan, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKM. “Kerjasama dengan perguruan tinggi sangat penting dalam pengembangan sektor perikanan. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha budidaya ikan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, yang diharapkan dapat membantu petani ikan lokal dalam meningkatkan hasil dan kualitas produk perikanan mereka. Benih ikan yang disalurkan adalah benih ikan nila. Penyaluran benih ikan ini merupakan bagian dari Program Bidang Sosial Budaya yang bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan, memperbaiki kualitas lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Adi Winata ketua kelompok 27, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. “Kami berharap penyaluran benih ikan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Desa Kramatjati. Selain meningkatkan produksi ikan, kegiatan ini juga dapat menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat Desa Kramatjati,” ujarnya.


(NR & Siti Nurjanah Mahasiswa KKM)