Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rutan dan Lapas Kotaagung Laksanakan Pelantikan Mabigus dan Persami Warga Binaan

Senin, 12 Agustus 2024 | 18.24 WIB Last Updated 2024-08-12T11:24:10Z

 



Tanggamus -- Jajaran Petugas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kotaagung, dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotaagung, menjelang  Peringatan Hari Pramuka kembali melakukan Gebrakan di bidang Pembinaan yaitu Meresmikan Gugus Depan (Gudep) dan Melantik Jajaran Pengurus Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) 01.083-01.084, Gerakan Pramuka Pangkalan Rutan Kotaagung, pada Sabtu, 10/08/2024, bertempat di Aula Lapas Kotaagung.



Pada kegiatan itu, Kepala Rutan Benny M Saefulloh dilantik sebagai Ketua Mabigus Pramuka Rutan Kotaagung, sedangkan Kepala Lapas Andi Gunawan dilantik sebagai Ketua Mabigus Pramuka Lapas Kotaagung.


Keduanya diambil sumpah oleh Wakil Ketua II Kwarcab Kabupaten Tanggamus Awal Supriyadi. Kemudian Kalapas dan Karutan menjadi Ketua Mabigus dimasing-masing instansinya. 


Prosesi Upacara tampak berlangsung hikmat, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Pengambilan sumpah, Penandatanganan Ikrar hingga Penyematan tanda jabatan. 


Petugas upacara dalam kegiatan adalah warga binaan yang merupakan peserta kegiatan Pramuka dari Rutan Kotaagung. Mereka tampil gagah sebagai pemimpin upacara, pembawa Pataka serta pembaca dasa darma pramuka dan pembukaan UUD 1945. Sementara puluhan Warga Binaan lainnya, ikut sebagai peserta upacara.


Dalam amanatnya, Awal Supriyadi menyampaikan pesan bagi seluruh anggota Mabigus yang di lantik agar melaksanakan tanggung jawab untuk Membangun generasi melalui Gerakan pramuka. 


Kemudian, Awal juga secara simbolis meresmikan berdirinya Gudep 01.083-01.084 Gerakan Pramuka Pangkalan Rutan Kotaagung serta  Membuka kegiatan Persami Pramuka Rutan dan Lapas, sebagai puncak acara menyambut Peringatan Hari Pramuka pada 14 Agustus mendatang.


Usai Upacara, ditampilkan berbagai Atraksi apik, ketangkasan anggota pramuka warga binaan Rutan. Mulai dari ketangkasan PBB, Pionering tandu, tiang bendera hingga yel-yel pramuka. Atraksi disambut meriah peserta yang hadir, bahkan Karutan dan Kalapas, saat atraksi,  diarak naik tandu.


Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pendirian tenda, pemberian materi kepramukaan dan pentas seni yang menampilkan Band Warga Binaan Rutan Kotaagung. Malamnya, kobaran api unggun menyala menemani kegiatan renungan suci dan ramah tamah anggota Mabigus dan Gudep dari Lapas dan Rutan.


"Kegiatan Persami ini kami siapkan sejak 3 bulan lalu sebagai acara jelang Hari Pramuka 14 Agustus mendatang. Alhamdulillah, secara resmi Kegiatan Pembinaan Kepramukaan di Rutan Kotaagung telah memiliki payung hukum, dibawah binaan Kwarcab Tanggamus. Kedepan, semoga anggota pramuka dari warga binaan baik dari Rutan dan Lapas bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sesuai dengan tri satya dan dasa darma pramuka," terang Beni pada penutupan Persami, pada Minggu, (11/8). (Rls/Hadi