Notification

×

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SOSIALISASI KESEHATAN MENTAL DARI BAHAYA PINJOL ILEGAL DAN PELATIHAN MARKET PLACE DIGELAR OLEH MAHASISWA KKM KELOMPOK 27 UNIBA

Jumat, 09 Agustus 2024 | 21.42 WIB Last Updated 2024-08-09T14:42:15Z

 



Kragilan-Sinarbanten.id-Mahasiswa UNIBA Kelompok 27 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) menggelar Sosialisasi & Pelatihan yang bertempat di Aula Desa Kramatjati Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang. 



Sosialisasi & Pelatihan ini mengusung tema “Menjaga Kesehatan Mental dari Bahaya Pinjol Ilegal dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Bisnis Online” Kegiatan ini mengundang  tiga narasumber yaitu  pakar psikolog Agung Prabowo Wisnubroto, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang kompeten dalam pendampingan UMKM Gema Ika Sari dan Nani Rohaeni.



Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dari risiko bahaya pinjaman online (PINJOL) ilegal serta melatih para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui market place dalam upaya meningkatkan penghasilan dan ekonomi keluarga. 



Peserta kegiatan adalah ibu-ibu PKK yang tergabung dalam usaha kerajinan rajut, pelaku UMKM di Desa Kramatjati dan warga sekitar kantor desa. Pada kesempatan tersebut tampak hadir Pj. Kepala Desa Kramatjati Mad Usman dan unsur pemerintahan desa.  



Dalam sambutannya Mad Usman menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKM UNIBA yang telah memprakarsai terlaksananya kegiatan tersebut. “Kegiatan seperti ini sangat penting diikuti oleh warga masyarakat Desa Kramatjati terutama tentang pemahaman bahaya Pinjol ilegal terhadap kesehatan mental,” ungkapnya.

Narasumber Psikolog Agung Prabowo Wisnubroto menyampaikan Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan mental yang memungkinkan orang mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuan mereka, belajar dan bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitas mereka. Kesehatan mental sangat penting bagi pengembangan pribadi, komunitas, dan sosial-ekonomi. Di era kemudahan mendapatkan pinjaman secara online diperlukan pribadi yang bijak dalam memilih kebutuhan pinjaman.


 Apakah untuk kebutuhan  produktif atau hanya sekedar memenuhi keinginan konsumtif? “Mengikuti keinginan tanpa mengukur kemampuan sehingga terjerat pinjol ilegal itu sudah mengarah pada gangguan kesehatan mental. “katanya.

Narasumber kedua Gema Ika Sari menyampaikan “Kiat sukses pelaku usaha” salah satunya membangun usaha yang berawal dari hobby.  Banyak pengusaha sukses yang terlahir karena menekuni hobby. Sehingga selain cuan yang diharapkan hati tetap bahagia. Seorang pengusaha tidak boleh mudah putus asa, jika mengalami kegagalan harus terus berusaha untuk bangkit lagi dan lagi,’ tegasnya.



Narasumber ketiga Nani Rohaeni sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 27 mengingatkan untuk mengecek legalitas pinjaman online melalui kontak OJK 157 atau layanan whatsapp 081-157-157-157 agar terhindar dari bahaya pinjol ilegal. penyampaian pelatihan diakhiri dengan penjelasan dan praktek memanfaatkan market place shopee dalam penjualan online. Bisnis online dapat menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Media sosial dan market place adalah media yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan omset penjualan, ‘pungkasnya.



Kegiatan diselingi dengan ice breaking untuk menghindari kejenuhan dan tentunya menambah semangat para peserta. Pemberian hadiah dari panitia menambah antusiasme peserta aktif bertanya. Kegiatan diakhiri dengan pemberian doorprice kepada empat peserta yang beruntung dan foto bersama.


(NR & Sofa Mahasiswa KKM)